JAILOLO – Kecaman terhadap PLN Cabang Jailolo terus mengalir, baik ocehan dari mulut kemulut hingga ke media sosial. Masyarakat Sidangoli Dehe, Kecamatan Jailolo Selatan, ,Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara, mengaku sangat kecewa dengan manajemen PLN di daerah setempat yang tidak mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
“Di daerah Kecamatan Jailolo Selatan, Sepertinya PLN memang sengaja memadamkan listrik. PLN selalu padamkan listrik tanpa ada pengumuman sebelumnya kepada masyarakat,”Kata Ilyas Dani, saat dikonfirmasi Media ini, Jumat(3/3/2023).
Kami mengutuk kinerja PLN cabang Jailolo yang sudah menghalangi aktifitas masyarakat. Coba bayangkan, hampir di setiap dari dan malam pihak PLN selalu memadamkan listrik hingga berjam-jam.
“Pemadaman listrik ini sangat menorehkan luka teramat dalam. “PLN memang brengsek. Kita sudah capek mendengar janji-janji manis PLN terkait pasokan listrik masyarakat,”katanya.
Diakui Ilyas, tidak tau penyebab terjadinya pemadaman listrik pihak PLN cabang Jailolo. Apakah ada kerusakan mesin atau gangguan jaringan, masyarakat tidak tau, karena sebelumnya tidak ada pemberitahuan dari pihak PLN.
Hal serupa dikatakan IRT Sarita warga Jalsel ini mengatakan, coba bayangkan, dari sore tadi listrik di padamkan, sehingga saat ini listrik belum juga di hidup. Pemadaman listrik hampir 24 jam, sehingga aktivitas warga menjadi terganggu.
“Setiap hari saya perhatikan, pemadaman listrik selalu terjadi, terutama pagi, siang dan malam menjelang masuknya sholat magrib.Kondisi ini sangat mengganggu usahanya sebagai penjual makanan dan minuman yang harus menggunakan energi listrik,”tuturnya.
Dirinya berharap, agar supaya pihak PLN dapat memperbaiki pelayanan karena sebagai pelanggan yang menggunakan meteran tradisional (bukan token), dirinya selalu patuh bayar listrik.
“Kami sebagai pelanggan wajib patuh bayar listrik, kalau tidak, akan datang petugas membawa selembar surat tagihan yang disertai ancaman pemutusan sementara sambungan listrik,”kata dia.
Dia juga berharap, kepada Pemda Halbar agar selalu berkoordinasi dengan pihak PLN di daerah setempat sehingga keluhan masyarakat ini dapat tersalur dengan baik.
“Harapan kami, Pemda Halbar lebih bijak melihat keluhan masyarakat terutama di daerah Jailolo Selatan sehingga keluhan masyarakat ini dapat di akomudir dengan baik,”tandasnya.(J0-1)